Rumput Alang-Alang dan Khasiatnya



Alang-alang atau ilalang ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang (Min.), lalang (Mly., Md., Bl.), eurih (Sd.), rih (Bat.), jih (Gayo), re (Sas., Sumbawa), rii, kii, ki  (Flores),  rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram),  kusu-kusu  (Menado,  Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.
Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai. (Wikipedia Indonesia)
Tentu saja bagi petani, gulma banyak yang dimusnahkan karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman pokok seperti padi, jagung, ubi dan berbagai macam tanaman petani lainnya. Namun seperti yang dikutip dari vemale.com, ada banyak sekali manfaat dan khasiat alang-alang yang bisa kita dapatkan. Langsung saja berikut ini beberapa manfaat dan cara pengolahan alang-alang sebagai alternatif pengobatan herbal.


Sifat Dan Khasiat Tanaman Alang-Alang :
Rasa akar alang-alang manis, bersifat sejuk, masuk meridian paru-paru, lambung dan kandung kemih. Simplisia ini bersifat tonik, pereda demam (anti piretik), peluruh kencing (Diuretik), menyejukkan darah untuk menghentikan perdarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus. Tunas muda berkhasiat untuk peluruh kencing (Diuretik).

Kandungan Kimia Tanaman Alang-Alang :
Akar dan batang alang-alang mengandung manitol, glukosa, sakarosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrene, cylindol A, graminone B, imperanene, stigmasterol, campesterol, beta-sitosterol, fernenol, arborinone, arborinol, isoarborinol, simiarenol, anemonin dan tanin.
 

Indikasi Tanaman Alang-alang :
Akar Alang-alang digunakan untuk pengobatan :
- Bengkak (Edem) karena radang ginjal akut, infeksi saluran kencing.
- Kencing sedikit
- Bengkak karena terbentur (memar)
- Perdarahan akibat panasnya darah (blood heat) seperti mimisan (epistaksis), muntah darah, batuk darah, urine berdarah. 
- Wasir (hemoroid)
- Demam disertai haus, batuk, flu, sesak
- Tekanan darah tinggi (hipertensi)
- Sakit kuning (jaundice)

Bunga Alang-alang digunakan untuk mengobati :
- Batuk darah dan mimisan akibat penyakit paru.

Cara Pemakaian : 
  1. Untuk obat yang diminum : Rebus akar alang-alang kering (15-30 g), bila menggunakan yang masih segar maka jumlahnya kira-kira 30-60 g, sedang untuk bunga sekitar 5-10 mg, dan tunas muda 5-10 g. Bisa juga akar ditumbuk dan diperas airnya, atau yang kering digiling untuk dijadikan bubuk. 
  2. Untuk pemakaian luar : bulir bunga berikut tangkainya digiling halus dan dibubuhi pada luka atau disumbatkan ke hidung untuk menghentikan perdarahan.
Sebagai obat penyakit kencing berdarah
Caranya: 
  • Ambil akar alang-alang segar sebanyak kira-kira 100 gram
  • Kemudian cuci dan bersihkan akar alang-alang tersebut hingga bersih 
  • Rebus dengan 2 gelas air bersih, tunggu hingga mendidih sampai air rebusan tersisa setengahnya. 
  • Angkat dan dinginkan, saring air rebusan akar alang-alang untuk memisahkan ampasnya. 
  • Minumlah secara rutin 2 kali sehari
Untuk meluruhkan air seni
Caranya:
  • Ambil 40 sembalan rimpang alang-alang yang sudah kering kemudian potong kecil-kecil
  • Rebus rimpang yang sudah dipotong-potong tadi dengan air bersih sebanyak 2 gelas
  • Tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air rebusan tersisa menjadi 1 gelas
  • Terakhir angkat, dinginkan dan saring ampasnya
  • Minumlah secara rutin 2 kali sehari
Sebagai obat penyakit ginjal akut
Caranya:
  • Ambil akar alang-alang yang segar kurang lebih sebanyak 60 – 120 gram
  • Potong-potong akar alang-alang menjadi ukuran kecil, kemudian cuci dan bersihkan
  • Rebus akar dengan air bersih sebanyak 3 gelas
  • Tunggu dan biarkan rebusan mendidih sampai air tersisa menjadi 1 gelas
  • Terakhir angkat, dinginkan dan saringlah air rebusan tadi untuk memisahkan ampas 
  • Minumlah secara rutin 2 kali sehari.



Jika Anda suka dengan artikel Rumput Alang-Alang dan Khasiatnya, silahkan meninggalkan komentar atau bagikan dengan meng-klik tombol (F)acebook, (t)witter, (g+)Google+, (P)interest, StumbleUpon, Digg atau L(in)edIn. Atau Anda ingin berlangganan dengan artikel terbaru dari Bisnis Online via Email secara GRATIS silahkan masukkan email Anda pada form dibawah ini kemudian klik "Submit"
lsc
Blog, Updated at: 10:34 AM

2 comments:

  1. Darah tinggi atau hypertensi merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh sebagian manusia yang sudah berusia diatas 25 tahun.Akar alang-alang diyakini mampu mengobati berbagai macam gangguan hypertensi termasuk darah tinggi ini.

    ReplyDelete

Apabila artikel diatas kurang jelas, tidak dimengerti atau bahkan sangat membantu maka silahkan untuk meninggalkan pesan supaya kita bisa lebih akrab dalam pembahasan selanjutnya.

Komentar Anda akan sangat dihargai apabila :
- Anda berkomentar sesuai artikel yang dibahas
- Selalu menggunakan UserID yang benar bukan Anonim
- Berkomentar dengan santun

Search This Blog


Link Collider - Best SEO Booster
Earn Your Money