INTERNET - Pisau Bermata Dua

Siapa yang tidak kenal dengan internet. Mulai dari anak kecil hingga dewasa, laki - laki juga perempuan, di desa apalagi perkotaan semuanya kenal yang namanya internet.
Tidak ada yang menyangkal bahwa internet saat ini menjadi sebuah kebutuhan sehari - hari yang hampir tidak bisa ditinggalkan baik yang hanya sekedar kebutuhan publikasi pribadi semata maupun dalam hal bisnis. Ya.. internet seolah - olah menjadikan seseorang begitu terkenal dan ekses didunia maya ini.
Untung sekali bagi orang - orang yang mengenal internet dari sisi yang positif dimana mereka bisa menghasilkan sesuatu dari internet, baik berupa materi maupun ketenaran. Namun alangkah sedihnya bagi orang - orang yang tersebur kelembah hitam dunia internet, selain tidak bermanfaat juga menghabiskan uang secara percuma dan malahan ada juga yang sampai terkena kasus pidana karena pelanggaran - pelanggaran undang - undang hukum IT.
Hal ini saya sampaikan khususnya buat anak didik saya yakni siswa SMA Negeri 3 Banjarbaru yang mana diumur mereka yang masih terlalu muda dan masih mencari jati diri, kadang karena mengikuti ke ingin tahuan dari hati mereka sehingga bisa terjerembah kearah hal - hal yang kurang bermanfaat.

Baiklah, sekarang mari kita simak sisi positif dan negatif pemakaian internet :

Sisi positif pemakaian internet :
  • Mengetahui informasi - informasi secara luas dan tidak terbatas
  • Dapat menghasilkan pendapatan melalui bisnis online
  • Memperbanyak pertemanan melalui sosial  network 
  • Mendapatkan bahan pembelajaran untuk keperluan sekolah atau kuliah

Sisi negatif pemakaian internet :
  • Menjadi cybercrime (penjahat didunia maya)
  • Menjadi maniak pornografi 
  • Kalau salah dalam memanfaatkan social network bukannya teman yang didapat malah musuh 
  • Membuang biaya dan waktu kalau salah pemanfaatan
Nah, kira - kira demikianlah hal yang bisa saya sampaikan. Bagi siswa - siswi atau teman - teman lainnya yang punya pendapat lain dipersilahkan untuk menambahkan.

Jika Anda suka dengan artikel INTERNET - Pisau Bermata Dua, silahkan meninggalkan komentar atau bagikan dengan meng-klik tombol (F)acebook, (t)witter, (g+)Google+, (P)interest, StumbleUpon, Digg atau L(in)edIn. Atau Anda ingin berlangganan dengan artikel terbaru dari Bisnis Online via Email secara GRATIS silahkan masukkan email Anda pada form dibawah ini kemudian klik "Submit"
lsc
Blog, Updated at: 10:22 PM

0 comments:

Post a Comment

Apabila artikel diatas kurang jelas, tidak dimengerti atau bahkan sangat membantu maka silahkan untuk meninggalkan pesan supaya kita bisa lebih akrab dalam pembahasan selanjutnya.

Komentar Anda akan sangat dihargai apabila :
- Anda berkomentar sesuai artikel yang dibahas
- Selalu menggunakan UserID yang benar bukan Anonim
- Berkomentar dengan santun

Search This Blog


Link Collider - Best SEO Booster
Earn Your Money