Kabel Modem

  1. Kabel modem merupakan modem yang digunakan untuk mendapatkan layanan Internet dalam jaringan Kabel TV (CATV)
  2. Kabel Modem menggunakan protocol DOCSIS (Data Over Cable Service Interface Specifications). Saat ini versi yang beredar adalah versi 1.x, 2.0 dan 3.0. Jaringan Firstmedia beroperasi dengan standar DOCSIS 1.1
  3. Input nya mengunakan kabel coaxial (kabel yang digunakan antena TV) dan keluaran berupa Ethernet (RJ-45) dan/atau USB.
  4. Kabel modem akan terhubung dengan CMTS (Cable Modem Termination System) pada sisi operator (ISP). dan dari CMTS akan terhubung dengan sistem AAA (Authentication Authorization Accounting) yang akan mengatur akses pelanggan.
  5. Kabel Modem beroperasi pada frekuensi 5-65 Mhz untuk upstream (2 Mhz/channel untuk mengantarkan bandwidth 3 Mbps), dan 65-850 Mhz untuk downstream (8 Mhz/channel untuk mengantarkan BW 27-30 Mbps). Jadi dengan demikian jika satu node (daerah yang dilayani) pada umumnya untuk 500 pelanggan, jadi apabila satu daerah itu download bersamaan, maka kecepatan maksimal yang dia dapatkan adalah 30 Mbps dibagi 500. Dan untuk menjaga kecepatan akses, biasanya ISP akan memecah daerah yang “sibuk” menjadi beberapa node. Dengan demikian kecepatan tetap terjaga.
  6. Kabel modem mendukung static IP maupun dinamis IP (DHCP), tergantung dengan kebijakan operator
  7. Untuk melakukan share penggunaan internet beberapa komputer dapat menggunakan kabel modem router, dengan melakukan NAT (Network Address Translation)

Jika Anda suka dengan artikel Kabel Modem, silahkan meninggalkan komentar atau bagikan dengan meng-klik tombol (F)acebook, (t)witter, (g+)Google+, (P)interest, StumbleUpon, Digg atau L(in)edIn. Atau Anda ingin berlangganan dengan artikel terbaru dari Bisnis Online via Email secara GRATIS silahkan masukkan email Anda pada form dibawah ini kemudian klik "Submit"
lsc
Blog, Updated at: 11:23 PM

0 comments:

Post a Comment

Apabila artikel diatas kurang jelas, tidak dimengerti atau bahkan sangat membantu maka silahkan untuk meninggalkan pesan supaya kita bisa lebih akrab dalam pembahasan selanjutnya.

Komentar Anda akan sangat dihargai apabila :
- Anda berkomentar sesuai artikel yang dibahas
- Selalu menggunakan UserID yang benar bukan Anonim
- Berkomentar dengan santun

Search This Blog


Link Collider - Best SEO Booster
Earn Your Money