Mengenal Microsoft Excel (Part-1)

Melihat judul diatas, saya menjadi bingung sebenarnya postingan kali ini ditujukan kepada siapa ?. Ya... karena saya yakin semua orang saat ini sudah tahu dan kenal baik dengan yang namanya Microsoft Excel. Tapi tidak ada salahnya kalau kita kilas balik sedikit tentang Microsoft Excel ini.

Microsoft Corp atau perusahaan besar Microsoft telah merilis yang namanya Microsoft Office, sampai saat ini saya juga belum tahu pasti sudah versi yang keberapa, karena kebetulan saat ini saya cuman memakai yang versi 2012.
Microsoft Office merupakan kumpulan software yang didalamnya sudah termasuk Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan program spreadsheet atau pengolah angka yang sudah sangat populer dan penggunaannya relatif mudah, karena anda atau kalian dapat memasukkan data, menganalisa dan memprosesnya sehingga mendapatkan laporan seperti yang diinginkan.

Untuk menjalankan Microsoft Excel cukup mudah yakni :
  • Klik tombol START - All Program - Microsoft Office - Microsoft Excel
  • Klik ikon Microsoft Excel yang ada di desktop Windows
  • Langsung mengklik dari file Microsoft Excel yang ber-extension *.xls atau *.xlsx
  • Di Windows 8 bisa di klik pada widget pin Start Windows 8
  • Dan masih banyak cara lainnya

Tampilan Microsoft Excel seperti dibawah ini (contoh saya pakai Ms. Excel 2007)




Gambar diatas menampilkan sebuah jendela Microsoft Excel yang baru, dengan keterangan sebagai berikut :
  1. Tab - merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah yang relevan.
  2. Tab File - merupakan tab yang berisi perintah - perintah standar untuk mengoperasikan file seperti membuka, menutup, menyimpan, mencetak dan lain - lain.
  3. Quick Acces Toolbar - merupakan toolbar khusus dan terletak dibagian atas lembar kerja. Isi tombol - tombol perintah dalam toolbar ini dapat dimodifikasi, sehingga dapat menambah beberapa tombol perintah yang sering digunakan.
  4. Group - merupakan bagian yang terletak dibawah Tab dan berisi sederetan tombol - tombol perintah untuk menjalankan suatu proses tertentu.
  5. Tombol Dialog - merupakan tombol dengan simbol anak panah dibagian kanan nama group. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog yang berisi perintah - perintah yang lebih kompleks dan lengkap.

Demikian postingan kali ini tentang Mengenal Microsoft Excel (Part-1) dan untuk selanjutnya silahkan meneruskan pembelajaran ke bagian berikutnya.

Jika Anda suka dengan artikel Mengenal Microsoft Excel (Part-1), silahkan meninggalkan komentar atau bagikan dengan meng-klik tombol (F)acebook, (t)witter, (g+)Google+, (P)interest, StumbleUpon, Digg atau L(in)edIn. Atau Anda ingin berlangganan dengan artikel terbaru dari Bisnis Online via Email secara GRATIS silahkan masukkan email Anda pada form dibawah ini kemudian klik "Submit"
lsc
Blog, Updated at: 9:02 PM

0 comments:

Post a Comment

Apabila artikel diatas kurang jelas, tidak dimengerti atau bahkan sangat membantu maka silahkan untuk meninggalkan pesan supaya kita bisa lebih akrab dalam pembahasan selanjutnya.

Komentar Anda akan sangat dihargai apabila :
- Anda berkomentar sesuai artikel yang dibahas
- Selalu menggunakan UserID yang benar bukan Anonim
- Berkomentar dengan santun

Search This Blog


Link Collider - Best SEO Booster
Earn Your Money