Menjadi Buruh di Internet


Kisaran awal tahun 2005, waktu itu saya termasuk orang yang awam dengan internet. Ya.. maklum saja waktu itu yang namanya internet atau warnet masih tergolong mahal, jadi golongan seperti saya hal tersebut hampir - hampir tidak terjangkau. Namun keberuntungan mulai menghampiriku ketika waktu itu saya nguli jadi operator warnet yang kerjaan keseharian sebagai pengelola warnet dengan upah yang sangat minim.
Duduk menunggu itu pekerjaan yang paling membosankan, namun komputer operator waktu itu membukakan peluang untuk saya bisa melakukan "something".
Surfing dan berselancar kesana kemari, dengan sesekali terjebak di situs yang ngga karuan, hingga pada akhirnya sedikit demi sedikit belajar membuat sebuah blog dengan keterbatasan ilmu yang saya miliki. Keinginan yang kuat untuk berubah membuat saya terus berusaha melakukan hal yang positif melalui internet dan sampai akhirnya menemukan formula - formula bisnis online yang menggiurkan.

Beberapa bisnis online pernah saya ikuti, mulai yang gratisan sampai yang berbayar sekalipun. Namun terus terang untuk hasil belum ada yang memuaskan malahan banyak kecewanya. Yang gratis hampir - hampir ngga jalan dan yang berbayar juga rugi melulu.

Namun waktu terus berjalan, sehingga pada pertengahan tahun 2006 saya menemukan sebuah bisnis online berbayar (saya tidak menyebutkan nama) dan kemudian menjadi member kala itu. Awalnya saya sangat ragu dengan bisnis tersebut, namun ketika mempelajari cara kerja dari bisnis tersebut akhirnya saya bulatkan hati untuk mengikutinya. Pendaftaran untuk menadi member kala itu sekitar Rp. 150.000,- dengan maksimal penghasilan sekitar Rp. 475.000.000,- (wow sangat menggiurkan). Ketika bulan pertama saya mengikutinya saya hampir - hampir tidak mendapatkan apa-apa, sehingga saya harus belajar lagi soal marketing di internet. Dengan bermodal blog dan pengetahuan yang minim saya mulai memanfaatkan keduanya untuk mencari member lain yang bisa dirayu sehingga pada bulan berikutnya saya mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 3.500.000,-. Hasil pertama tersebut seolah mencambuk diri saya untuk terus giat hingga bulan ke bulan penghasilan saya meningkat drastis dan hampir mencapai Rp. 186.000.000,- mengalir ke rekening.

Dari hasil tersebut, pada awal tahun 2007 saya membeli sebuah rumah sederhana yang selama ini saya idamkan. Walaupun kecil tapi milik dari penghasilan sendiri. Pada tahun tersebut juga dengan bermodal internet pas - pasan dirumah saya mulai mengenal yang namanya Google Adsense. Tapi Google Adsense bukan satu - satunya bisnis online yang saya ikuti saat itu, namun banyak sekali bisnis sejenis yang mulai saya rambah. Adsense pada awalnya juga bukan favorit saya karena tidak menghasilkan apa - apa, sedangkan bisnis awal yang saya ikuti dengan hasil yang banyak sudah mulai menjadi scam hingga pada akhirnya bisnis online tersebut tutup.

Adsense adalah harapan terakhirku waktu itu, karena dengan mendengar nama Google saja orang akan beranggapan bahwa itu adalah sebuah perusahaan besar yang tidak mungkin tipu - tipuan. Saya lupa dulu belajar disitus mana, yang pasti beliau adalah seorang blogger senior yang selalu mengeluarkan postingan - postingan tentang Google Adsense. Saya belajar dari sana, setiap hari saya tunggu postingan beliau.

Kemudian saya fokus untuk menanamkan segala kemampuan saya untuk menambang di Adsense, walaupun hasil ngga seberapa waktu itu tapi saya bisa payout 3 bulan kemudian sebesar $116 dan hal tersebutlah yang mendorong saya untuk menjadikan adsense sebagai penghasilan tambahan. Hari demi hari Adsense terus saja saya pelajari, hingga sampai saat ini Adsense hampir - hampir menjadi penghasilan utamaku sampai sekarang.

Kesimpulan dari ceritaku adalah bahwa apapun bisnis online tersebut adalah sesuatu yang harus diseriusi dan jangan dipandang sekedar lewat saja. Semuanya harus dikerjakan dengan keras dan jangan berfikiran mendapatkan hasil dengan instan karena semua perlu sebuah proses. Semakin giat anda belajar dan mengerjakannya maka akan semakin cepat anda menikmatinya.

Salam bisnis online !

Jika Anda suka dengan artikel Menjadi Buruh di Internet, silahkan meninggalkan komentar atau bagikan dengan meng-klik tombol (F)acebook, (t)witter, (g+)Google+, (P)interest, StumbleUpon, Digg atau L(in)edIn. Atau Anda ingin berlangganan dengan artikel terbaru dari Bisnis Online via Email secara GRATIS silahkan masukkan email Anda pada form dibawah ini kemudian klik "Submit"
lsc
Blog, Updated at: 8:43 AM

3 comments:

  1. thanks a lot for the info, very helpful :-)

    ReplyDelete
  2. Bergabunglah di Ratakan Marketplace, lapaknya berjualan produk digital Indonesia produk Anda akan di promosikan oleh 7000+ member aktif. Atau gabung sebagai affiliater utk mempromosikan produk kepada pelanggan yang potensial dengan imbalan sebesar 25% sampai 75%, cek: Bisnis Affiliasi Komisi 75% dari Ratakan Marketplace. Atau coba disini: Tes IQ Online.

    ReplyDelete
  3. Teerima kasih artikelnya kak,..
    sangat bermanfaat sekali
    salam Pembicara Internet Marketing Bekasi

    ReplyDelete

Apabila artikel diatas kurang jelas, tidak dimengerti atau bahkan sangat membantu maka silahkan untuk meninggalkan pesan supaya kita bisa lebih akrab dalam pembahasan selanjutnya.

Komentar Anda akan sangat dihargai apabila :
- Anda berkomentar sesuai artikel yang dibahas
- Selalu menggunakan UserID yang benar bukan Anonim
- Berkomentar dengan santun

Search This Blog


Link Collider - Best SEO Booster
Earn Your Money